Home | Sekilas Kereta Api | Prinsip | Profil

 

Untuk Waktu Jakarta dan sekitarnya

 


ShoutMix chat widget
 

Prinsip 1 : Apa itu Lokomotif Uap? (Prinsip Kerja Lokomotif Uap)

loco-1

Lokomotif pertama yang dikembangkan oleh Richard Trevithick

Kalau kita melihat film-film zaman dulu, kita kadang melihat kereta yang digerakkan dengan lokomotif uap. Yap betul, lokomotif pada waktu itu adalah kereta yang menggunakan energi dari mesin uap untuk menggerakan kereta. Zaman dahulu, masih belum ada lokomotif yang digerakkan oleh tenaga listrik atau magnet. Namun, mengapa lokomotif uap itu bisa bergerak? Prinsip ini merupakan pengembangan Hukum Termodinamika yang kita pelajari di kelas XI.

Bagian Lokomotif


Lokomotif uap menggunakan energi uap panas bertekanan tinggi untuk menggerakan rangkaian piston yang dihubungkan langsung dengan roda-roda kereta melalui batang penghubung. Dalam mesin kereta uap modern, batu bara secara otomatis dimasukan dari gerbong persediaan ke perapian. Kemudian, batu bara terbakar pada suhu hampir 1400 derajat Celsius. Air yang disimpan di gerbong persediaan batu bara, dipanaskan dua kali oleh ketel uap menjadi uap yang sangat panas yang bertekanan tinggi. Uap itu kemudian masuk silinder untuk menggerakan piston dan mendorong kereta. Sebagian uap mengembun menjadi air dan kembali ke ketel. Sisanya mengepul dari cerobong.

loco-3

Untuk menggerakkan roda, uap air dari ketel uap dialirkan ke ruang dimana piston  diletakkan, uap air masuk akan menekan piston untuk bergerak dan disisi lain diruang piston uap air yang berada diruang tersebut didorong keluar demikian seterusnya. Uap air diatur masuk kedalam ruang piston oleh suatu mekanime langsung seperti ditunjukkan dalam gambar. Selanjutnya piston akan menggerakkan roda melalui mekanisme gerakan maju mundur menjadi gerak putar.

Kelemahan lokomotif uap ini adalah efisiensinya yang sangat rendah. Bahkan, lokomotif uap yang terbaik hanya mengubah kira-kira 6 persen energi yang dihasilkan oleh pembakaran batu bara menjadi gerakan. Karena itu, lokomotif uap menjadi tidak efisien jika digunakan pada zaman sekarang ini. Selain efisiensinya yang rendah, kereta ini juga tidak ramah lingkungan dan boros bahan bakar. Hingga saat ini, lokomotif uap hanya digunakan untuk tujuan lain seperti wisata. Contohnya seperti Museum Kereta Api Ambarawa, yang menggunakan lokomotif uapnya sebagai objek wisata.

Sumber :

Ensiklopedi Hamparan Dunia Ilmu Time-Life 'Angkutan dan Navigasi'

http://iwandahnial.wordpress.com/2009/03/25/lokomotif-kuno-dan-perkembangannya/

Kembali ke atas

Kembali ke 'Prinsip'

 

Follow thedimasprabu on Twitter


Free web hostingWeb hosting

Dimas Prabu Tejonugroho

Create your badge

Protected by Copyscape Online Copyright Protection Software

 Online Users

@2010 Dimas Prabu Tejonugroho | Template oleh Dimas Prabu Tejonugroho | Didukung penuh oleh Keluarga, Guru dan Sahabat|